25 RUN TEKS

MARI BERSAMA- SAMA MEMBANGUN PUNCAK JAYA DENGAN PENUH KASIH `

Jumat, 09 Januari 2015

MANFAAT KOPINGGA (LABU SIAM) BAGI TUBUH




Sayur Labu Siam atau atau bahasa inggrisnya sayuran ini disebut chayote, bagi masyarakat di Puncak Jaya menyebutnya buah kopingga, di Puncak Jaya tanaman ini sangat muda ditemui di pekarangan rumah masyarakat, Labu siam atau Kopingga ini merupakan jenis tanaman yang hidup merambat pada batang atau kayu. Tanaman ini dapat hidup di tanah basah dan lembab dengan proses pertumbuhan yang sangat cepat
Jenis tanaman ini banyak ditanam di kawasan Philipina, malaysa dan Indonesia bahkan di Meksiko
Buah Kopingga pastinya sudah sering kita makan dan bahkan bagi beberapa orang menjadi sayur favorit dalam hidupnya. Sayuran yang bisa diolah dengan banyak cara ini biasanya sangat digemari oleh ibu-ibu rumah tangga. Selain rasanya yang ringan, segar dan sangat mudah di dapat
Selain rasanya yang segar, ringan, ternyata labu siam juga beberapa nutrisi bagi tubuh kita, berikut ini ulasan kami mengenai kandungan nutrisi dan  manfaat labu siam (kopingga) bagi kesehatan :


KANDUNGAN NUTRISI PADA LABU SIAM
Labu siam mengandung beberapa vitamin dan nutrisi penting lainnya. Satu setengah cangkir porsi menyediakan sekitar 17%  dari kebutuhan vitamin C harian Anda. Selain itu, buah sayuran ini juga mengandung vitamin B kompleks, seperti folat sejumlah 61 mcg dan sejumlah kecil niacin, thiamin, riboflavin, asam pantotenat dan vitamin B6. Vitamin B berperan penting dalam proses metabolisme tubuh.
Kandungan selenium pada labu siam juga cukup baik. Selenium berperan penting untuk memperbaiki mood. Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan bahwa orang yang kadar selenium tubuhnya paling rendah menunjukkan mood yang paling buruk. Selain itu buah labu ini juga mengandung zat mineral seperti zat besi, mangan, fosfor, seng, dan tembaga.

MANFAAT
Menjaga kadar koleseterol
Labu siam sama halnya dengan jenis  labu lainnya, adalah salah satu sayuran yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya menyediakan kalori per 100 gramnya, serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Namun, sayuran ini kaya akan serat makanan, zat antioksidan, mineral, dan vitamin. Makanan rendah kalori dan sayuran yang kaya serat seringkali direkomendasikan oleh ahli para diet untuk menjaga kadar kolesterol dan menurunkan berat badan sehingga sangat baik bagi mereka yang mejaga kesehatan jantung.

MAMPU MENURUNKAN KOLESTEROL
Buah labu siam juga kaya akan Kalium. Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi lebih segar. Selain itu, buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi. Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun.

Niasin berperan pada reaksi enzimatik di dalam tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, yaitu sebagai koenzim I dan koenzim II. Niasin sangat diperlukan agar suplai energy dalam jaringan tubuh berjalan normal. Kekurangan niasin yang parah setelah beberapa bulan akan mengakibatkan pellagra serta dermatitis, yaitu gangguan kulit yang khas dan simetris, terutama di bagian badan yang tidak tertutup seperti tangan, lengan, siku, kaki, kulit, dan leher.

MENGATASI ASAM URAT
Buah Labu siam memiliki efek Diuretik hingga sangat cocok untuk penderita Asam urat, labu siang dapat melancarkan saluran kandung kemih dan membantu dalam melancarkan dalam proses pengeluaran air seni dari dalam tubuh.

BERMANFAAT BAGI IBU HAMIL
Labu siam mempunyai kandungan asam folat yang baik, yaitu 93 mkg per 100 gram. Sedangkan asam folat sangat penting untuk ibu hamil karena bisa mengurangi resiko kelahiran bayi cacat dan gangguan saraf pada bayi di dalam kandungan sebelum dan sesudah masa kehamilan. Biasanya kurangnya asam folat pada ibu hamil ditandai dengan anemia (kurangnya sel darah merah)

LABU SIAM COCOK BUAT PENDERITA DIABETES
Kandungan Karbohidrat tingg yang terbadapat pada labu siam, sangat cocok membantu penderita diabetes, mengomsumisi labu saim secara rutin dengan cara dikukus, rasa khas dari labu siam dengan kandungan pati dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat bagi Anda penderita diabetes.

ANTI KANGKER DAN PENUAAN DINI
Labu siam juga mengandung antioksidan flavonoid poli fenolik, seperti apigenin dan luteolin. Senyawa ini bermanfaat untuk mengikat radikal bebas berbahaya dalam tubuh, yang berperan dalam pembentukan kanker, penuaan dini, dan berbagai macam penyakit. Buah labu siem juga merupakan sumber anti oksidan vitamin C yang cukup baik, yaitu sekitar 7,7 mg/100gram atau 13 % dari kebutuhan harian yang disarankan.

 PERHATIAN

  • Labu siam mengandung getah atau lateks yang banyak, yang bisa menyebabkan sensasi rasa kesemutan dan mati rasa pada tangan jika terkena. Cairan yang lengket ini diduga bisa menyebabkan beberapa reaksi kontak anestesi sementara.  Efek ini bisa diminimalkan dengan cara menggunakan sarung tangan pelindung pada saat mengupasnya, atau dengan cara mengupas sambil dibawah kucuran air dingin.
  • Hindari stok lama, karena pada umumnya labu siam tumbuh lebih awal. Selain itu, pastikan memilih buah yang permukaannya bebas lubang, retak, atau memar. Namun luka goresan dangkal kecil atau memar ringan yang mungkin terlihat di permukaan tidak masalah.
  • Simpan dalam kantong kertas atau di dalam kompartemen sayuran didalam kulkas dengan kelembaban yang cukup. Pada umumnya bisa disimpan sampai hingga 2-3 minggu. Buah yang cukup tua Tua dan besar umumnya cenderung cepat tumbuh, jadi sesegera mungkin untuk diolah.
Nah, itulah tadi Nutrisi dan manfaat dari labu siam/Kopingga untuk kesehatan. Jadi, labu siam/Kopingga merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin B kompleks dan asam folat . Namun, perlu diperhatikan juga untuk selalu berhati – hati pada getah yang dikeluarkan oleh labu siam, sebab dapat menimbulkan reaksi terhadap kulit seperti kesemutan atau mati rasa sementara. Untuk itu, sebaiknya gunakan sarung tangan dan kupas di bawah air mengalir.


Di kutip dari beberapa sumber
http://www.inginhidupsehat.com/
http://www.inginhidupsehat.com/
http://www.carakhasiatmanfaat.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar