25 RUN TEKS

MARI BERSAMA- SAMA MEMBANGUN PUNCAK JAYA DENGAN PENUH KASIH `

Rabu, 24 Desember 2014

MANFAAT UBI REBUS BAGI KESEHATAN


Siapa warga Puncak Jaya yang tidak mengenal ubi, ubi merupakan salah satu makanan pokok bagi masyarakat kita di Puncak Jaya, ubi bisa di masak dengan cara di bakar di goreng maupun direbus, namun kali ini saya akan membahas ubi yang di rebus, ubi rebus ideal  dijadikan camilan yang bisa dikonsumsi di sela-sela waktu makan. Selain rasanya manis alami yang lezat, ubi rebus juga mengandung beragam manfaat kesehatan bagi tubuh kita loh.
Setidaknya, beberapa penelitian mengungkapkan berbagai macam manfaat ubi bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya terlihat dari fungsinya untuk mengontrol kadar gula dalam darah
Ubi juga mengandung karbohidrat yang sehat, sekitar 33 gram per sajian. Kandungan karbohidrat di
dalamnya tidak menyebabkan kadar gula darah meningkat karena ubi termasuk makanan dengan indeks glikemik rendah. (indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat).
Mengonsumsi makanan rendah indeks glikemik ini mencegah kita ngidam makanan manis saat kadar gula darah menjadi rendah. Ubi juga mengandung senyawa yang meningkatkan kadar adiponektin, hormon pengatur kadar gula darah di dalam tubuh.
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa makanan dengan indeks glikemik rendah ini tinggal di saluran cerna kita lebih lama sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Agar kadar indeks glikemik ubi tetap rendah, kita dianjurkan untuk merebus atau mengukus ubi sebelum dimakan, sebab memanggang atau menggorengnya mungkin akan merusak beberapa nutrisi di dalamnya.
Kandungan serat mampu memberikan manfaat ubi bagi kesehatan, salah satunya dalam menjaga nafsu makan. Serat membantu kita merasa kenyang lebih lama. Satu buah ubi ukuran sedang kira-kira mengandung empat gram serat. Sementara kandungan vitamin A di dalam ubi merupakan sumber vitamin A yang kuat untuk menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan mata, kulit, tulang serta menjadi sumber antioksidan yang kaya.
Di kutip dari beberapa sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar