25 RUN TEKS

MARI BERSAMA- SAMA MEMBANGUN PUNCAK JAYA DENGAN PENUH KASIH `

Rabu, 01 Oktober 2014

BUKA PASAR TANI, WABUP SERAHKAN BANTUAN ALAT PERTANIAN


Wakil Bupati Puncak Jaya saat menunjukan salah satu hasil pertanian dari kelompok tani
      MULIA - perkembangan pertanian di Puncak Jaya kini semakin pesat, hal ini dapat kita lihat melalui semarak Pasar Tani yang diadakan oleh Dinas Pertanian dan Perikanan yang bekerja sama dengan Kelompok Tani, jumat (26/09).
Kegiatan Pasar Tani di buka secara resmi oleh Wakil Bupati Puncak Jaya, Yustus Wonda, S.Sos, M.Si  sekaligus menyerahkan bantuan berupa 1 unit motor gandeng Tiga Roda, 1 unit traktor, dan 5 ekor bibit babi serta beberapa perlengkapan tani lainnya diserahkan kepada Kelompok Tani.
    ‘’Baru pertama kali  tahun ini kami melihat hasil tani masyarakat terbagi dalam beberapa bagian yaitu, sayur-mayur, kacang-kacangan, umbi-umbian, dan juga ikan mujair serta ikan mas, hal ini tentu sangat membanggakan Kabupaten ini sendiri.kebanyakan masyarakat sekarang sibuk dengan urusan tani tidak lagi mondar mandir untuk urusan yang tidak penting, mari kita bekerja menghasilkan dari kita untuk kita agar dapat mensejahterahkan hidup kita dan keluarga,” Pungkasnya.
Yustus menambahkan bahwa bibit anakan babi yang diserahkan kesempatan berikunya tidak boleh ada bibit  dari luar mulia, minimal dari wamena, hal ini sangat penting mengingat kondisi iklim di Mulia yang sangat dingin tidak memungkinkan untuk jenis babi toraja dapat bertahan hidup diluar kandang. Sedangkan kebiasaan masyarakat memelihara babi dengan teknik liar. Ia berharap  kepada masyarakat tani yang menerima bantuan tersebut kiranya dapat menggunakan fasilitas itu dengan baik agar kedepannya program ini dapat di adadakan yang kedua kali lagi.
 ‘’program Pasar Tani ini kita adakan untuk membantu para kelompok Tani dapat tambahan dana dari hasil penjualan dan masyarakat terpenuhi akan kebutuhan hasil pertanian dan perikanan,semua program ini kita lakukan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani yang ada di Kabupaten Puncak Jaya,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Perikana, Darson Wonda, S.sos.
     Program Pasar Tani di Puncak Jaya ini, juga merupakan upaya diharapkan agar masyarakat juga bisa menikamati langsung hasil kebun asli masyarakat  setempat. Sebab selama ini terkadang kebanyakan masyarakat mendatangkan sayur mayur langsung dari luar kota Mulia, namun disatu sisi ketersediaan sayur mayur dan beberapa pangan lainnya kurang mendapat perhatian. Hal ini berakibat semakin menurunnya hasil-hasi tani masyarakat kita di kota Mulia. Ketina wonda
1 unit traktor dan 1 Unit Motor gandeng 3 roda yang di perbantukan
     ‘’Kami berharap apa yang kami lakukan saat ini bias membantu masyarakat, begitu pula ketersediaan bibit-bibit di Puncak Jaya tetap slalu ada,” pungkasnya.
‘’ Bibit-bibit sayur kami dapatkan dari bantuan Dinas Pertanian dan Perikanan dan ada pula kami beli sendiri di kios-kios yang tersedia, kami berharap agar bantuan berupa bibit-bibit akan selalu ada,” ungkap Ketina Wonda, salah satu kelompok tani saat di jumpai di Pasar Tani.
Dalam kegiatan tersebut wabup mengunjungi stand kelompok tani sembari mengangkat beberapa produk unggulan tani seperti sawi, ubi, labu, kacang tanah, bahkan ikan mas yang beukuran jumbo dan langsung dibeli oleh wabup. Sembari bercengkrama dgn mama kelompok tani, Wabup menegaskan bahwa Program Prospek yang diluncurkan oleh Gubernur Papua kini tidak pakai pendamping lagi, dan sepenuhnya dikelola oleh kelompok tani dengan pengawasan dari Kepala Distrik Masing – masing.
Acara berlangsung semarak dan sesaat setelah penutupan pembukaan pasar tani, para pembeli yang telah siap dari pagi langsung menyerbu stand kelompok tani yang menjual hasil produk unggulan tani. Tanpa menunggu waktu yang lama, semua hasil bumi ludes terjual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar